Langkah pertama, masuklah (login) ke gmail Anda, kemudian ketikkan https://adwords.google.com/KeywordPlanner
Lalu klik Masuk ke Adwords. Isikan password / sandi gmail Anda, kemudian klik Masuk.
Isikan Email, Negara, Zona waktu dan Mata Uang lalu klik Simpan dan lanjutkan.
Kemudian klik Alat - Perencana Kata Kunci.
Pilih Telusuri ide kata kunci dan grup iklan baru.
Atur Penargetan. Jika Anda hanya ingin menampilkan hasil riset dari negara Indonesia saja, maka ubahlah Semua lokasi menjadi Indonesia, namun bila Anda ingin mendapatkan informasi negara lain, silahkan pilih negara yang Anda tuju.
Anda pun bisa memilih kota, seperti Jakarta, Bekasi, Yogyakarta dll..... kemudian klik disembarang tempat bila sudah selesai melakukan pengaturan.
Setelah setingan negara atau kota sudah sesuai dengan yang diinginkan, kita mulai menelaah setiap kata kunci yang akan dianalisa. Misalkan saya ingin membuat blog tentang tas, ketikkan kata tas di kotak yang paling atas, lalu klik Dapatkan ide.
Klik gambar pensil dan pilih Pencocokan persis.
Klik Ya.
Kemudian klik Ide kata kunci.
Maka informasi mengenai kata kunci tas pun Anda dapatkan, dimana ada sekitar 40.500 orang dalam satu bulan mengetikkan atau mencari tas di mesin pencari. Namun, tingkat persaingan untuk kata kunci "tas" ini ternyata tinggi sehingga kita harus berusaha keras mengelola blog jika kita memilih kata kunci ini.
Telusuri kebawah informasi lainnya yang masih memiliki relevansi dengan kata kunci "tas". Untuk pemula dapat memilih kata kunci yang tingkat persaingannya rendah dengan tingkat penelusuran minimal 1000. Namun, bila kata kunci yang Anda sukai ternyata hanya memiliki jumlah penelusuran bulanan rata-rata yang rendah, misalkan 300 atau 500 Anda dapat mengkombinasikannya dengan kata kunci lain yang memiliki tingkat persaingan tinggi dan jumlah pencari cukup banyak.
Klik tanda panah kanan untuk melihat hasil lainnya, atau klik Unduh bila ingin mendownloadnya dalam format Excel (CVS).
Misalkan dari 801 hasil kata kunci tas, saya pilih beberapa keyword dengan tingkat persaingan rendah dan menengah sbb :
tas export (3.600 - Low)
tas distro (2.900 - Low)
tas unik, tas batik, tas exsport (1.900 - Low)
tas lucu (1.600 - Low)
tas prada, gambar tas (4.400 - Low)
tas etnik, tas laptop eiger (1.000 - Low)
toko grosir tas murah, tas sekolah anak perempuan, tas handmade, gudang tas (880 - Low)
tas ransel (6.600 - Mid)
grosir tas murah (6000 - Mid)
tas pesta , tas laptop, tas cantik (5400 - Mid)
tas kulit (4.400 - Mid)
tas wanita branded, tas model terbaru, tas branded original (2.900 - Mid)
tas fashion (1.900 - Mid)
tas kerja (1.300 - Mid)
tas elizabeth (14.800 - Mid)
Saya akan memilih mana yang akan dijadikan Kata Kunci (Keyword) Utama dan Kata Kunci Turunan (Sampingan), saya bisa pilih Tas Export atau Tas Unik sebagai kata kunci utama dan Tas Ransel, Tas Lucu, Tas Cantik, Tas Fashion dan Tas Kerja sebagai keyword sampingan.
Kemudian saya bisa membuat judul dan alamat blog dengan menggunakan / menyisipkan kata kunci tersebut dan melanjutkannya dengan membuat artikel serta merubah (rename) nama file foto untuk menunjang artikel (konten).
Perbanyaklah membuat artikel dengan menggunakan kata kunci hasil riset, kemudian evaluasi hasilnya secara berkala dengan mengetikkan kata kunci tersebut di google, apakah postingan Anda berhasil masuk di halaman utama mesin pencari.....
Selamat mencoba....
No comments:
Post a Comment